ads

ARTI 17 AGUSTUS KEMERDEKAAN INDONESIA DALAM PANDANGAN AGAMA ISLAM, SANGAT MENGEJUTKAN...!!!

17 Agustus Bangsa indonesia ini adalah bangsa yang besar dengan segala kekayaan dan kemegahannya. 17 Agustus Bangsa yang telah dipersiapkan untuk kemakmuran umat NabiNya. Maka dari itu bangsa ini tidak akan pernah lepas dari agama Tuhannya yaitu Agama Islam.

 

Dari awal kedatangan para wali ke negara kita ini, bangsa ini dipersiapkan untuk islam dan kemakmurannya. hingga para pejuang-pejuang kemerdekaan yang dengan gigih mempertahankan bangsa ini dari penjajahan. Bersama Islam ia berjuang demi kemerdekaan, dengan tekad jihad di bawah asuhan para wali dan ulama bangsa ini dipertahankan. Hingga akhirnya bangsa ini meraih kemerdekaan.pada tanggal 17 Agustus 1945.

Mengapa pendiri bangsa ini khususnya Bung Karno harus memilih tanggal 17 Agustus 1945 tidak tanggal yang lainnya. .?

Kemerdekaan bangsa Indonesia diproklamirkan oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonsia pada tanggal 17 Agustus 1945 M bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364 H hari Jumat Legi. Mengapa ‘Bung Karno’ tidak mau memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 15 atau 16 Agustus 1945 ? Dengan dasar apakah Bung Karno memilih tanggal 17 ? Ikuti dialog yang terjadi antara ‘Sukarni’ dan ‘Bung Karno’ (Presiden Pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia) di bawah ini yang bersumber dari Buku ‘Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’ by Cindy Adams.

’Sukarni’ : ”Mengapa justru diambil tanggal 17, mengapa tidak sekarang saja atau tanggal 16 ?”.

’Bung Karno’ : ”Saya seorang yang percaya pada mistik. Saya tidak dapat menerangkan secara pertimbangan akal mengapa tanggal 17 lebih memberi harapan kepadaku. Akan tetapi saya merasakan di dalam kalbuku bahwa waktu dua hari lagi adalah saat yang baik. Angka 17 adalah angka keramat. 17 adalah angka suci. Pertama-tama, kita sedang berada dalam bulan Ramadhan, waktu kita semua berpuasa. Ini berarti saat yang paling suci bagi kita. Hari Jumat ini Jumat Legi. Jumat yang berbahagia. Jumat suci dan hari Jumat adalah tanggal 17. Al Quran diturunkan tanggal 17. Orang Islam sembahyang 17 rakaat dalam sehari. Mengapa Nabi Muhammad memerintahkan 17 rakaat, mengapa tidak 10 atau 20 saja ? Oleh karena kesucian angka 17 bukanlah buatan manusia. Pada waktu saya mendengar berita penyerahan Jepang, saya berfikir bahwa kita harus segera memproklamirkan kemerdekaan. Kemudian saya menyadari, adalah kemauan Tuhan peristiwa ini akan jatuh di hariNya yang keramat. Proklamasi akan diumumkan tanggal 17. Revolusi menyusul setelah itu.

Iyah demikianlah maksud Bung Karno memilih tanggal itu sebagai hari kemerdekaan. Karena semua tidak beliau lepas dari agama Islam meskipun pula dalam jiwa beliau adalah nasionalis juga.


Lalu  Agama Islam itu berdasarkan atas 5 Rukun Islam, maka demikian pula bangsa ini didasarkan atas 5 Pancasila.

Dan kini bangsa Indonesia adalah merupakan bangsa yang terbesar dan terbanyak yang memeluk agama islam, dan pada suatu saat dengan Islam bangsa ini akan dalam kemakmuran yang sesungguhnya dan berawal dari bangsa ini kemakmuran bangsa dan negara lainpun akan turut merasakannya. Maka demikianlah bangsa Indonesia ini, hingga kita tinggal menunggu seorang pemimpin yang benar-benar menegakkan agama islam di bangsa ini yang akan memakmurkan bangsa ini dengan karunia Tuhannya. 

Post a Comment