ads

Inilah Amalan Ringan Penggugur Dosa Dalam Hitungan Menit, Amalan Apakah Itu?

Dalam hidup ini, setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan atau dosa, baik kecil maupun besar. Atas dosa tersebut, kita harus senantiasa meminta ampun kepada Allah karena sungguh adzab Allah di akhirat akan lebih pedih. Allah telah menciptakan malaikat sebagai makhluk yang taat kepada-Nya. Mereka melakukan apa yang diperintah oleh Allah dan menjauhi yang telah dilarang. Tempat yang tepat bagi malaikat adalah surga yang indah. Sedangkan, Allah menciptakan iblis sebagai makhluk yang selalu ingkar dan berbuat maksiat. Tempat bagi mereka adalah neraka dengan siksa yang amat pedih. Lalu bagaimana dengan manusia?
Amalan Penggugur Dosa Dalam Hitungan Menit
Manusia berada di tengah-tengah malaikat dan iblis. Manusia memiliki akal dan hawa nafsu yang dapat mengantarkan mereka ke surga ataupun ke neraka. Iblis telah berjanji bahwa mereka akan menghasut dan mendorong manusia agar terjerumus dalam perbuatan dosa dan menemani mereka di dalam neraka kelak. Hal inilah yang membuat manusia tidak akan pernah luput dari dosa, baik itu sekecil biji sawi. Inilah tasbih bacaan zikir subhanallah yang sangat bermanfaat untuk dilafalkan dan diamalkan.
Terkadang, manusia tidak sadar bahwa mereka telah berbuat dosa, bahkan dosa besar. Semakin lama, dosa mereka semakin banyak dan melimpah. Sedangkan amal baik mereka bertambah sedikit demi sedikit sehingga tidak seimbang antara amal baik dan amal buruk. Padahal, Allah memberikan usia yang panjang untuk mengumpulkan sebanyak mungkin bekal menuju kehidupan di akhirat kelak. Namun, justru dosa kitalah yang berkembang pesat. Apabila kita tidak segera meminta ampun kepada Allah, dosa tersebut dapat mengantarkan kita ke dalam neraka. Pastilah tidak ada yang ingin masuk ke dalam api neraka.
Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa siapa pun yang membaca subhanallah 100 kali setiap harinya, maka dosa-dosanya akan gugur meski sebanyak buih lautan. Namun, kalimat tersebut hendaknya diucapkan dengan penghayatan dalam hati kita. Makna dari kalimat itu adalah kita mensucikan Allah dari semua yang tidak pantas bagi-Nya, seperti halnya perilaku umat musyrikun yang menyamakan makhluk sesembahannya dengan Allah SWT yang Maha Esa.
Hadits tentang arti zikir subhanallah ini menjadi kabar gembira bagi umat manusia. Dari hadits ini, kita tidak perlu berputus asa jika telah melakukan kesalahan di masa lalu. Asal kita berniat sungguh-sungguh dalam bertobat maka Allah akan membukakan pintu maaf-Nya kepada kita. Membaca kalimat tersebut menjadi solusi yang mudah untuk dilakukan. Luangkanlah sedikit waktu untuk melafalkan kalimat dan menghayatinya di dalam hati kita. Niscaya Allah akan megampuni segala dosa yang pernah kita lakukan. Namun, jangan menjadikan hal ini sebagai sarana untuk kita kembali berbuat maksiat karena kita tahu bahwa Allah akan mengampuni dosa umat-Nya yang ingin bertaubat.
Sebagai seorang muslim, kita harus mengetahui bagaimana cara meminta ampun kepada Allah karena manusia tidak akan lepas dari kekhilafan. Rasulullah telah memberikan banyak cara agar kita dapat memperbaiki diri dan menebus segala kesalahan kita. Oleh karena itu, jangan berputus asa pada ampunan Allah, karena Dia adalah Maha Pemaaf. Apabila kita telah menyesali kesalahan lalu, berniat sungguh-sungguh ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, maka InsyaAllah akan dibukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya oleh Allah.

Post a Comment