ads

Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Jodoh Belum Menghampiri

Allah telah menciptakan manusia dengan berpasang-pasangan, sehingga tidak perlu khawatir bagi kita yang belum bertemu dengan jodoh karena mungkin belum waktunya kita untuk bertemu jodoh. Oleh karena itu, melakukan hal yang positif akan membantu kita jadi lebih baik.
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Jodoh Belum Menghampiri
Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Jodoh Belum Menghampiri
1. Puasa
Salah satu hal yang cukup penting untuk orang yang belum menikah adalah berpuasa. Rasul pernah bersabda kepada generasi muda, barang siapa yang belum memiliki kemampuan untuk menikah, maka disunnah kan untuk berpuasa karena puasa menjadi penghalang bagi gejolak hawa nafsu sehingga kita akan dapat menjaga pandangan, diri dan hasrat agar tidak mudah terjerumus dalam perbuatan zina. Tanda datangnya jodoh dari Allah bisa dirasakan oleh setiap orang.
2. Mensyukuri fitrah
Fitrah manusia yaitu adanya perasaan suka atau cinta pada lawan jenis, cinta wanita pada laki-laki juga sebaliknya, cinta istri pada suaminya juga sebaliknya, cinta anak pada orang tua juga sebaliknya, ataupun cinta terhadap harta duniawi seperti jabatan, rumah, harta benda, dan masih banyak lagi. Apabila kita belum siap menikah, maka cukup mensyukuri fitrah yang diberikan Allah kepada kita. Dengan hal tersebut, maka kita akan menjaga nikmat Allah sesuai ajaran-Nya dan menjaga hubungan tanpa harus melakukan suatu hal yang terlarang.
3. Menjaga diri
Menjaga diri ketika belum siap menikah ialah sebuah perjuangan yang sangat sulit. Allah telah memerintahkan kepada kita untuk senantiasa menjaga diri dari perbuatan zina. Dalam sebuah dalil juga dijelaskan bahwa zina merupakan perbuatan yang sangat buruk dan keji maka janganlah melakukannya. Bahkan mendekatinya saja sudah dilarang keras oleh Allah. Meningkatkan keimanan akan membantu kita dalam menghindari perbuatan ini karena seorang hamba tidak akan berzina jika ia dalam keadaan beriman. Hukumannya pun sangat menyedihkan, yakni dirajam sebanyak 100 kali dan diasingkan selama satu tahun lamanya. Inilah hukuman dunia. Di akhirat kelak, pezina tidak akan diajak berbicara oleh Allah. Sungguh betapa tidak nyaman orang ini, terlebih kehidupan akhirat adalah kehidupan yang hakiki. Inilah firman Allah tentang jodoh yang baik.
4. Menahan pandangan
Sebuah dalil dalam Al-Qur’an menjelaskan perintah Allah kepada manusia agar menjaga pandangannya dari hal-hal yang diharamkan dan senantiasa memelihara kemaluan. Selain itu, Allah memerintahkan umat manusia untuk menutup auratnya agar kemuliaannya terjaga, yakni terjaga dari hal-hal yang tak diinginkan. Seperti halnya pelecehan pada perempuan atau bahkan seorang laki-laki yang melampiaskan hasratnya pada sesama laki-laki sehingga melakukan hal yang tidak bermoral. Sabar menunggu jodoh menurut islam akan mendatangkan kebaikan.

5. Menahan nafsu
Orang yang belum siapa menikah maka ia harurs pandai-pandai manahan hawa nafsu. Hal ini sangatlah penting, mengingat tidak ada manusia yang luput dari dosa, kecuali ia yang dapat melawan dan menahan hawa nafsunya. Hawa nafsu akan membawa kita dalam kebinasaan jika kita menurutinya. Biasanya, hawa nafsu mendorong kita pada kejahatan saat tidak dapat menahannya. Memperbanyak istighfar akan membantu kita dalam menahan hawa nafsu. Oleh karena itu, ingatlah selalu Allah dimana pun dan kapan pun kita berada. Selain itu, menghindari berjumpa dengan lawan jenis dapat menghalangi hawa nafsu kita bergejolak dan tidak akan dapat menjerumuskan kita pada perbuatan dosa, seperti zina.
Demikian 5 hal yang harus dilakukan saat jodoh belum menghampiri, yang pasti jangan lupa untuk berdoa dan berusaha. (kumpulanmisteri.com)

Post a Comment