ads

Inilah Waktu Yg Baik Agar Doa Kamu Mudah Di Kabulkan..!! Lakukan Di Waktu Ini

"Wahai manusia, selama engkau berdoa serta berharap kepada-Ku, aku mengampuni dosamu serta tak aku pedulikan lagi dosamu” (HR. At Tirmidzi, ia mengatakan: ‘Hadits hasan shahih’)

sumber  : google.com
Apakah mempunyai keinginan yang belum terwujud? Telahkah berdoa serta memohon pada Allah dengan merendahkan hati?

Sesungguhnya ada waktu-waktu tertentu yang mustajab, artinya ketika memohon pada Allah dalam doa di waktu tersebut, in syaa Allah bakal dikabulkan oleh-Nya.

Kapan sajakah 14 waktu yang dimaksud?

1. Saat adzan berkumandang
Dari Sahl bin Saad bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Ada dua yang tak tertolak alias jarang tertolak: Doa pada saat adzan serta doa tatkala perang berkecamuk.” (HR. Abu Daud, Baihaqi, serta Hakim)

2. Doa di antara Adzan serta iqamah
Dari Anas bin Malik mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Doa antara adzan serta iqamah tak ditolak, maka berdoalah kamu” (HR. Ahmad)

3. Sebelum Salam pada saat Shalat Harus
“Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kami didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Diakhir malam serta diakhir shalat harus” (HR. Tirmidzi, 3499)

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma’ad (1/305) membahas bahwa yang dimaksud ‘akhir shalat harus’ merupakan sebelum salam. Serta tak tersedia riwayat bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam serta para sahabat meselalukan berdoa meminta sesuatu seusai salam.

4. Di hari Rabu, antara Dzuhur serta Ashar
Sunnah ini belum diketahui oleh tak sedikit kaum muslimin, yaitu dikabulkannya doa di antara shalat Zhuhur serta Ashar dihari Rabu. Ini diceritakan oleh Jabir bin Abdillah Radhiallahu’anhu:

“Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam berdoa di Masjid Al Fath 3 kali, yaitu hari Senin, Selasa serta Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau. Mengatakan Jabir : ‘Tidaklah sebuahperkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdoa,dan saya mendapati dikabulkannya doa saya‘”

“Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu di antara shalat Zhuhur serta Ashar” (HR. Ahmad, no. 14603, Al Haitsami dalam Majma Az Zawaid, 4/15, mengatakan: “Semua perawinya tsiqah”, juga dishahihkan Al Albani di Shahih At Targhib, 1185)

5. Saat bangun tidur pada malam hari bagi orang yang sebelum tidur dalam keadaan suci
Dari Amr bin Abasah bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu tersadar pada malam hari kemudian memohon sesuatu mengenai urusan dunia alias akhirat melainkan Allah bakal mengabulkannya.” (HR. Ibnu Majah)
6. Saat berbuka puasa bagi orang yang berpuasa
Dari Abdullah bin Amr Ash bahwa dirinya mendengar Rasulullah SAW bersabda,”Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tak ditolak” (HR.Ibnu Majah serta Hakim)

7. Doa pada waktu sujud dalam shalat
Doa di kala sujud yaitu sujud dalam shalat alias sujud-sujud lain yang diajarkan Islam semacam sujud syukur, sujud tilawah, serta sujud sahwi. Dari Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Saat yang paling dekat dengan Tuhannya merupakan ketika ia sujud, maka pertidak sedikitlah doa.” (HR. Muslim)

8. Saat sedang kehujanan
Dari Sahl bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dua doa yang tak sempat ditolak, doa pada waktu adzan serta doa pada waktu kehujanan.” (HR. Hakim)

9. Saat Menonton Sakratul Maut
Dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah SAW mendatangi rumah Abu Salamah pada hari wafatnya, serta beliau memperoleh kedua mata Abu Salamah terbuka lalu beliau memejamkannya, kemudian mengatakan, ”Sesungguhnya tatkala ruh dicabut, maka pandangan mata bakal mengikutinya.” Semua keluarga histeris. Beliau lalu bersabda, ”Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali kebaikan, sebab para malaikat mengamini apa yang kalian ucapkan.”(HR. Muslim)

10. Sesaat di Hari Jumat
“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyatakan mengenai hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya tersedia waktu. Apabila seorang muslim berdoa ketika itu, tentu diberbagi apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya mengenai sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

11. Pada malam Lailatul Qadar
Allah SWT berfirman, “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat serta Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan hingga terbit fajar.” (Q.S Al-Qadr :3-5)

12. Doa pada hari ‘Arafah
Dari Amr bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya bahwa Rasulullah SAW bersabda,”sebaik-baik doa merupakan pada hari ‘Arafah” (HR.Al-Tirmidzi)

13. Semacamga akhir malam
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tuhan kami yang Maha Berkat serta Maha Tinggi turun ke langit dunia setiap malam pada semacamga malam terbaru serta berfirman,“Barangsiapa berdoa kepada-Ku tentu Aku kabulkan, barangsiapa meminta kepada-Ku tentu Aku beri, serta barangsiapa yang memohon ampunan-Ku tentu Aku ampuni’” (HR.Bukhari)

Amr bin Abasah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Saat yang paling mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya merupakan saat ia dalam sujudnya serta apabila ia bangun melaksanakan shalat pada semacamga malam yang terbaru. Sebab itu, apabila kamau mempu menjadi orang yang berzikir terhadap Allah pada saat itu maka jadilah.” (HR. Tirmidzi serta Ahmad)

14. Saat Minum Air Zamzam
“Khasiat Air Zam-zam itu sesuai niat peminumnya” (HR. Ibnu Majah, 2/1018. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah, 2502)


Sumber: (Ummi-online.com)

Post a Comment